Ibu Negara dan Mufidah Jusuf Kalla Meninjau Pemeriksaan dan Sosialisasi IVA Test di Puskesmas Limboto Provinsi Gorontalo

446

Gorontalo – Hj. Iriana Joko Widodo dan Hj. Mufidah Jusuf Kalla didampingi anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo (Senin, 22/1).  Ibu Negara didampingi Mufidah JK dan pendamping menteri yang tergabung dalam OASE Kabinet Kerja meninjau pelaksanaan IVA Test di Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Selain pelaksanaan IVA Test di Puskesmas Limboto, dilakukan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara kerjasama Tim Penggerak (TP) PKK dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Saat tiba di Puskesmas, Ibu Negara langsung menuju ruang pemeriksaan Sempat terjadi dialog antara Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Mufidah JK dengan tim tenaga kesehatan (nakes) yang melakukan sosialisasi. Iriana Jokowi sempat menanyakan pencegahan kanker serviks dan sistem pengawasan serta pengobatan bagi penderita tubercolosis (TB)

Pemeriksaan IVA yang dilakukan sebagai deteksi dini dan pencegahan kanker serviks tersebut dipadati ratusan peserta dan juga warga. Saat kunjungan ibu negara, tercatat peserta yang melakukan IVA Test sebanyak 150 orang. Hasil pemeriksaan mencatat  IVA Positif 4 orang dan dicurigai kanker sebanyak 2 orang.

Selanjutnya, rombongan OASE Kabinet Kerja bertolak ke PAUD Abdi Jaya menemui para guru dan anak-anak.

Dari PAUD Abdi Jaya, rombongan menuju Grand Palace Convention Centre untuk menghadiri Seminar Parenting. Ibu Hj. Iriana Jokowo dan Ibu Hj. Mufidah JK beserta rombongan disambut antusias oleh peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD.

Di dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan OASE Kabinet Kerja melakukan peninjauan dan menghadiri acara Sosialisasi Anti Narkoba dan Tuberkulosis (TB) di Gedung Grand Sumberia yang dihadiri siswa-siswi SMA yang ada di Gorontalo.

Acara ditutup dengan kunjungan ke kantor perwakilan Bank Indonesia dan meninjau kerajinan produk khas daerah Gorontalo yang ditampilkan Dekranasda Provinsi Gorontalo.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbang Kesehatan) diwakili Sekretariat Badan Litbang Kesehatan sebagai Pembina Wilayah (Binwil) Provinsi Gorontalo turut hadir mendampingi persiapan yang tengah dilakukan Pemda Gorontalo, khususnya terkait sektor kesehatan.

Rombongan Badan Litbang Kesehatan dipimpin Sekretaris Badan Dr. Nana Mulyana tiba tanggal 21 Januari 2018. Dr. Nana Mulyana langsung melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr.Hi. Triyanto S. Bialangi, M.Kes beserta tim dinkes membahas kesiapan acara. Pertemuan dihadiri  dr. Asik, MPPM (Kepala Sub Direktorat Tuberkulosis) dari Direktorat Jenderal pencegahan Penyakit dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P).

Selanjutnya tanggal 22 Januari 2018, rombongan Kementerian Kesehatan yang terdiri dari tim Badan Litbang Kesehatan dipimpin Dr. Nana Mulyana dan tim Ditjen P2P yang dipimpin dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes (Direktur P2P Penyakit Menular Langsung) didampingi tim dinkes Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan ke lokasi kunjungan kerja rombongan OASE Kabinet Kerja untuk memastikan kesiapan dan keberlangsungan acara. (ali)