Hadapi Rakerkesnas 2020, Badan Litbangkes Lakukan Evaluasi Binwil

612

Tanjung Pandan – Sebagai langkah awal menjelang pelaksanaan Rakerkesnas tahun 2020 Badan Litbangkes melakukan koordinasi dengan lima wilayah binaannya. Bertempat di Kabupaten Belitung, dilaksanakan pertemuan Evaluasi Binwil dalam rangka persiapan Rakerkesnas. Pertemuan Binwil kali ini menjadi berbeda karena melibatkan seluruh satker Badan Litbangkes, dimana sebelumnya hanya dihadiri oleh pengampu Binwil. Kegiatan berlangsung selama tiga hari (11-13 Februari 2020) dan dihadiri oleh Kepala dinas kesehatan provinsi seluruh wilayah binaan, kepala satuan kerja, serta jajaran struktural di lingkungan Badan Litbangkes. 

Sekretaris Badan Litbangkes, Nana Mulyana mengatakan bahwa pertemuan koordinasi ini merupakan upaya mengevaluasi program prioritas kesehatan di 5 provinsi binaan Badan Litbangkes, yaitu Bangka Belitung, Lampung, Jambi, Kalimantan Selatan, dan Gorontalo. Badan Litbangkes juga diharapkan dapat lebih bersinergi dengan wilayah binaannya dalam program-program kesehatan di tahun 2020.

Tidak seperti tahun sebelumnya, Rakerkesnas kali ini menjadi ajang membingkai rencana aksi daerah. Dalam arahan yang disampaikan Siswanto selaku Kepala Badan litbangkes bahwa Rakerkesnas tahun 2020 mengangkat tema promotif preventif kesehatan untuk membentuk sumber daya manusia unggul menuju Indonesia maju 2045. Perlu pemahaman yang kuat bahwa Rakerkesnas dilakukan untuk menyamakan persepsi antara pusat dan daerah serta tindak lanjut dan rencana aksi yang perlu diperkuat dalam menyusun program kerja bidang kesehatan daerah. Agar kegiatan yang singkat ini dapat berjalan semaksimal mungkin, maka kegiatan persiapan ini menjadi terobosan dalam mencari arah sasaran program kesehatan yang sinergis.

Tema kegiatan Rakerkesnas akan mengacu pada 5 program prioritas Kementerian Kesehatan (AKI/AKB, stunting, pencegahan dan pengendalian penyakit, germas, tata kelola sistem kesehatan (SKN)). Agenda kegiatan ini akan dimulai dengan pra rakerkesnas yang  menjadi wadah dalam menggali pengalaman daerah yang dapat dijadikan lesson learned, dan Rakerkesnas sendiri dengan mengundang kementerian lain yang memiliki irisan dalam program kerja bidang kesehatan.