Enumerator Riskesdas Banten Mulai Dilatih

404

Banten – Workshop Enumerator Riskesdas 2018 Provinsi Banten mulai dihelat pada 9 April 2018 sore hari di Hotel Santika Premiere Bintaro. Perwakilan Dinkes Provinsi Banten Lia Susanti SKM, M.Kes selaku Penanggung Jawab Operasional Riskesdas 2018 membuka secara resmi didampingi Nuniek Kusumawardani selaku perwakilan Badan Litbangkes.

Workshop yang akan berlangsung selama 9 hari ini diikuti oleh peserta  terdiri dari 228 orang (57 tim) enumerator (pengumpul data lapangan) yang telah lolos melalui seleksi, 8 orang PJT kabupaten, dan 4 orang perwakilan PDGI. Adapun para pelatih yang diterjunkan terdiri dari 12 orang, yang akan mengisi materi di 6 kelas.

Selain itu, turut ambil bagian tim validator dari Apkesi (Asosiasi Peneliti Kesehatan), BPS (Badan Pusat Statistik) dan Bank Dunia yang mengamati berjalannya Workshop ini.

Materi workshop terdiri dari pengisian kuisioner dari 12 blok kesmas dan pengukuran antropometri, biomedis dan tata laksana pengambilan darah, manajemen data dan tata cara entri data serta manajemen administrasi dan logistik. Penguasaan enumerator terhadap materi diuji melalui metode role play di kelas masing-masing.

Workshop Enumerator ini merupakan “ajang” bagi para pelatih nasional menularkan ilmu yang didapatkan dari Lokakarya pada tahap sebelumnya kepada enumerator. Sehingga persepsi terhadap Riskesdas 2018 dapat disamakan sehingga data yang dihasilkan lebih berkualitas dan dapat terjaga validitasnya. AF