Enam Ratus Pegawai Kemenristek/BRIN Divaksinasi Covid-19 Hari Ini

397

Jakarta – Sebanyak 600 pegawai Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional dijadwalkan menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada hari Minggu, 11 April 2021. Menurut dr. Dyah Armi Riana selaku Koordinator Pelaksana dari Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Badan Litbangkes sehari sebelumnya, pada Sabtu, 10 April 2021  sebanyak 616 pegawai telah divaksin dari 619 orang yang terdaftar. Tiga orang ditunda dengan alasan kesehatan.

Alur penyelenggaraan vaksinasi tak jauh berbeda dengan di tempat lain. Diawali dengan pendaftaran, peserta membawa formulir yang sudah dibagikan sebelumnya. Peserta diharapkan menyiapkan KTP. Selanjutnya dilakukan  validasi data.

Tahap berikutnya adalah skrining, yaitu pemeriksaan tekanan darah,  suhu tubuh, dan   wawancara. Dilakukan juga pemeriksan kadar oksigen  dalam darah menggunakan fingertip pulse oximeter. Tahapan ini menentukan apakah peserta dapat diberikan vaksinasi atau tidak.  Peserta yang lolos pada tahap skrining dapat diberikan vaksinasi.

Setelah penyuntikan peserta harus mengikuti tahap pemantauan atau observasi selama 30 menit. Peserta diberikan formulir yang berisi informasi gejala-gejala yang mungkin terjadi setelah divaksin. Jika tidak merasakan gejala apapun, peserta dapat langsung ke meja pencetakan kartu vaksinasi. Namun apabila terdapat gejala harus segera dilaporkan ke panitia atau tenaga kesehatan untuk diperiksa di Ruang Mini ICU.

Menurut dr Syahrir, petugas kesehatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso yang bertugas di Ruang Mini ICU, hari ini sampai dengan pukul 13.00 WIB ada 9 orang yang ditangani. “Mereka adalah para peserta yang mengalami gejala setelah vaksinasi, seperti mual dan pusing,” jelas dr. Syahrir.

Lebih lanjut dr. Syahrir menerangkan ada juga peserta yang mengalami penundaan sementara setelah tahap skrining karena hipertensi. Setelah dilakukan pengobatan, beberapa peserta dapat melanjutkan pemberian vaksinasi pada hari ini. Namun ada juga yang terpaksa ditunda. Pada hari ini diperoleh Indeks Pemakaian vaksin Covid-19 sebesar 10,1 dosis per vial dan Produktivitas sebesar 27,1 orang yang disuntik per jam per tim. Data tersebut diperoleh pada jam 10.00 WIB. (Penulis : Ahdiyat Firmana, Editor : Dian Widiati)