DWP Kemenkes Dukung Program Kesehatan

528

Jakarta – Menteri Kesehatan, Nila F.Moeloek membuka Pertemuan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan (18/07/2018). Mendukung program kesehatan tahun ini, pertemuan ini mengusung tema “Peran Serta Dharma Wanita Persatuan dalam Mendukung Peningkatan Mutu Imunisasi, Percepatan Eliminasi TBC dan Penurunan Stunting”.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyampaikan upaya – upaya yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan dalam mengatasi ketiga masalah tersebut. Menteri Kesehatan mengatakan bahwa dalam kasus imunisasi, Indonesia menjadi center of excellent di negara OKI, artinya negara islam mengakui perlu dilakukan imunisasi, berarti jika memang ini merupakan kemasalahatan orang banyak maka ini perlu dalukkan untuk melindungi anak anak kita menjadi berkualitas.

Lebih lanjut Menteri Kesehatan menuturkan kasus yang berbeda pada masalah stunting. “Ternyata tidak hanya ditemukan di wilayah pedesaan namun juga ditemukan pada wilayah perkotaan. Salah satu faktornya karena pola asuh yang salah, kurangnya makanan bergizi, kurang nya air bersih, dan sanitasi.”, ujarnya.

Menteri Kesehatan berharap hasil Riskesdas 2018 menunjukkan penurunan angka stunting. “Jika masih sama atau bertambah tinggi maka berarti kita tidak berhasil mengubah paradigma.”, tandasnya.

Hal ini merujuk pada  data Riskesdas 2013 bahwa 37% atau 9 juta anak indonesia mengalami gizi buruk atau kekerdilan, artinya jika ada 10 anak, 4 anak mengalami kekerdilan termasuk otaknya yang tidak cerdas. (ilal)