Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

305

Jakarta – Sebagai bentuk kesiagaan menghadapi penyebaran Covid-19, Badan Litbangkes menyelenggarakan Sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Jum’at, 6 Maret 2020. Dalam sambutannya Sekretaris Badan Litbangkes, Nana Mulyana menghimbau kepada seluruh pegawai untuk tidak menerima tamu, termasuk kurir ke ruang kerja, cukup di lobi kantor.

“Setiap tamu nanti akan dicek suhu tubuhnya. Dan jika ada yang flu atau sakit, setiap satker menyediakan masker.”, imbuh Nana.

Pada kesempatan ini Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kartini Rustandi menyampaikan pentingnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja perkantoran (K3). “Penerapan K3 perkantoran pada prinsipnya adalah membuat yang sehat tetap sehat dan yang sehat tidak sakit. Termasuk implementasi Germas.”, ujarnya.

Kartini Rustandi menekankan pentingnya istirahat yang cukup, memperbanyak asupan buah, sayur dan air putih, serta aktivitas fisik. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh. Ia mengatakan peran bagian rumah tangga di lingkungan Badan Litbangkes untuk memastikan ketersediaan air bersih, kebersihan ruang kerja dan lingkungan kerja.

Lebih lanjut Kartini memberikan penjelasan pemakaian masker yang benar. “Pegang masker dibagian tali. Jangan terbalik memakai masker. Bagian yang berwarna lebih tua diluar dan yang berwarna putih didalam, karena ada lapisan untuk perlindungan. Pemakaian masker juga harus pas, yaitu dihidung sehingga menutup hidung dan mulut.”, tuturnya.

Kartini mengingatkan untuk tidak terlalu takut dengan covid-19. Menurutnya flu biasa pun memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi jika yang terjangkit memiliki penyakit penyerta. Ia juga mengingatkan untuk cerdas menyaring informasi yang beredar melalui media sosial karena banyaknya informasi hoaks. Di akhir penjelasannya, Kartini mengajak para peserta untuk melihat dan mempraktekkan cuci tangan yang benar. Ada 6 langkah mencuci tangan yaitu membasahi kedua tangan dengan air mengalir, menggosok sabun pada telapak tangan, menggosok punggung tangan dan sela-sela jari, membersihkan bagian bawah kuku-kuku, membilas tangan dengan air bersih mengalir, dan mengeringkan tangan dengan handuk atau tisu. (Dian Widiati/Editor : F. Ali Achmad)