BKPK Berbagi di Penghujung Ramadhan

82

Jakarta – Keluarga Besar Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) dan Keluarga Muslim Eks Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (KAMIL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan acara Ramadhan Berbagi, Senin 26 April 2022 secara daring. Selain berbagi dengan sesama, kegiatan ini juga diisi dengan tausiah oleh Ustadz Wido Supraha.

Dr. Harimat Hendarwan selaku Ketua KAMIL menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari atas keinginan berbagi kebahagiaan bersama rekan-rekan BKPK agar memasuki bulan Ramadhan dengan kelapangan hati. Sebagai wujud berbagi, KAMIL berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 36.560.000 yang akan didistribusikan kepada anak yatim dan keluarga kurang mampu di lingkungan BKPK dan Badan Riset Inovasi Nasional (eks Badan Litbangkes) serta seluruh satuan kerja. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan ketua dan anggota Dharmawanita Pusat Kemenkes serta dukungan pimpinan BKPK.

Dalam Arahannya, Dr. Nana Mulyana selaku Sekretaris BKPK menyampaikan dana yang terkumpul akan disampaikan kepada 67 anak-anak yatim dan keluarga kurang mampu. Nana mengajak untuk melanjutkan kegiatan serupa dapat dilakukan di bulan-bulan lain untuk menggalang rasa persaudaraan dengan keluarga yang kurang mampu.

Untuk menambah amal ibadah di bulan Ramadhan ini, Ustadz Wido Supraha memberikan tausiah dengan tema Amaliyah Ahlul Jannah atau amalan yang harus dilakukan agar kita kelak menjadi penghuni surga. Dalam tausiahnya, Ustadz Wido menyampaikan bahwa amalan yang tidak bisa diawali dengan basmalah, jangan-jangan merupakan amalan haram atau sia-sia. Amalan sia-sia hukumnya makruh, sehingga lebih baik ditinggalkan.

“Allah SWT telah menuliskan takdir masing-masing manusia jauh sebelum kita dan seluruh alam semesta ini diciptakan. Termasuk apakah kita ditakdirkan sebagai ahli surga atau ahli neraka.” Ujar Ustadz Wido. Lebih lanjut, Ustadz Wido menyampaikan mengapa kita harus beramal kebaikan jika sudah ditakdirkan siapa ahli surga dan ahli neraka? Rasulullah SAW bersabda bahwa “setiap orang-orang akan dimudahkan (menuju jalan) penciptaannya.” (HR. Al Bukhari). Jadi teruslah lakukan amal kebaikan hingga akhir usia. Kita tidak tahu bagaimana akhir kematian kita. Termasuk melalui kegiatan Ramadhan Berbagi ini. Semoga dengan acara ini akan menambah amal ibadah di bulan Ramadhan yang suci ini. Allah SWT juga akan memberikan rahmat sehingga kelak dapat berkumpul di surga dengan segala amal kebaikan yang sudah kita lakukan. (Penulis Nisa Fitriyani/Penyunting Fachrudin Ali)