Balitbangkes Serahkan 1200 Bibit Tanaman Obat Pada Kemnaskes 2019

139

Jakarta, Gerakan Pramuka merupakan wahana untuk mempererat persahabatan serta mengenalkan sifat sportifitas. Pramuka juga untuk meningkatkan ketahanan spriritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik. Hal tersebut dikatakan oleh Budi Waseso Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada pembukaan Kemah Nasional Kesehatan (Kemnaskes) ke IV 2019 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta (27/9).

Kemnaskes diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan yang berlangsung selama 7 hari sejak 25 – 30 September. Kemnaskes diikuti oleh peserta dari 33 Politeknik Kesehatan di seluruh Indonesia. Melalui Kemnaskes, Budi Waseso mengajak seluruh peserta, panitia dan seluruh pihak terkait lainnya, untuk memanfaatkan kegiatan yang ada, sehingga bisa menjadi bagian dari upaya mewujudkan Indonesia Sehat di masa depan.

Menurut Budi, kaum muda yang sehat adalah potensi yang sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara maupun umat manusia secara keseluruhan. “Kesehatan jiwa, kesehatan jasmani, budi pekerti yang baik dan mempunyai keterampilan hidup yang cukup, menjadi landasan untuk mewujudkan negeri kita yang lebih baik pada saat peringatan 100 tahun kemerdekaan RI tahun 2045 mendatang, dan kita harus optimis mewujudkan hal tersebut mulai dari sekarang,” kata Budi dalam sambutannya. Pada saat yang bersamaan Badan Litbang Kesehatan melalui Kepala Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu memberikan secara simbolis 1200 tanaman obat kepada Budi Waseso. Penanaman bibit tanaman obat menjadi salah satu kegiatan bakti bagi peserta Pramuka selama kegiatan berlangsung. Tanaman obat di tanam di 3 titik yaitu, di Buperta Cibubur, Mess Karyawan Buperta Cibubur, dan Madu Hutan Cibubur. (FNW)