Balai Litbangkes Tanah Bumbu Dukung UHC

224

Banjarmasin – Balai Litbangkes Tanah Bumbu, sebagai salah satu satuan kerja di bawah koordinasi Badan Litbangkes menyelenggarakan rapat kerja tahunan. Tema yang diusung dalam pertemuan ini adalah Peran Balai Litbangkes Tanah Bumbu melalui hasil litbangkes yang berkualitas dalam mendukung pencapaian cakupan kesehatan semesta.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Kepala Badan Litbangkes, Siswanto serta pemangku kepentingan setempat yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Muslim menyampaikan harapannya terhadap hasil riset untuk dapat memberikan kontribusi dan masukan sebagai bahan menyusun kebijakan dan rencana aksi daerah.

 Lebih lanjut Muslim menguak lima isu yang menjadi prioritas pembangunan kesehatan di Kalimantan Selatan, yaitu menurunkan kejadian tuberkulosis; meningkatkan cakupan dan mutu dari imunisasi; menurunkan stunting; menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian neonatal; serta mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular.

Terkait dengan isu prioritas tersebut, Kepala Balitbangkes Siswanto memberikan penjelasan mengenai umur harapan hidup sebagai dampak pembangunan kesehatan. Pimpinan Badan Litbangkes ini juga menekankan pada umur harapan hidup dalam kondisi sehat (Healthy Adjusted Life Expectancy/HALE). Dalam hal ini sangat penting bagaimana hidup berkualitas, yaitu hidup tanpa sakit.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Litbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan, Sugianto. Diketahui Balai Litbangkes Tanah Bumbu adalah satuan kerja di bawah ampuan Pusat Litbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan. Sugianto menyampaikan pentingnya melibatkan pemangku kepentingan dalam menyusun rencana penelitian.

Melalui rapat kerja ini juga didapatkan berbagai masukan dan saran antara lain penguatan jejaring penelitian serta pengembangan sumber daya manusia yang ada di Balai Litbangkes Tanah Bumbu. (EM)