Badan Litbangkes Melakukan Pemeriksaan swab PCR Kepada Pimpinan, Anggota dan Pegawai Setjen DPD RI dalam rangka Sidang Bersama DPR dan DPD RI tahun 2021

273

Jakarta, Sidang tahunan MPR RI yang juga merupakan sidang bersama DPR dan DPD RI digelar setiap tanggal 16 Agustus. Sidang tersebut juga akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia yang akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI ke 76 tahun. Pada tahun 2021 ini, sidang bersama DPR dan DPD RI tersebut digelar masih dalam masa pandemi COVID-19. Sekretaris Jenderal (Setjen) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengantisipasi peserta dan panitia yang bertugas dengan melakukan screening sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, dilakukan swab PCR di kantor Setjen DPD RI pada tanggal 12, 14 dan 15 Agustus 2021.

Tanggal 12 Agustus 2021 dilakukan swab PCR bagi seluruh staf DPD RI yang akan bertugas mempersiapkan persidangan, tanggal 14 Agustus 2021 dilakukan swab PCR bagi Pimpinan  dan Anggota DPD RI yang akan ikut gladi bersih, dan tanggal 15 Agustus 2021 untuk pimpinan dan anggota  DPD RI serta Pimpinan dan staf pendukung Setjen DPD RI yang akan mengikuti Sidang tahun secara Luring digedung MPR.

Sekretaris Badan Litbangkes menugaskan tim Klinik Badan Litbangkes dan Peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan (BTDK) untuk mengambil swab. Setelah selesai dilakukan pengambilan swab, sampel  swab tersebut langsung di kirim ke laboratorium Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan (BTDK) untuk dilakukan pemeriksaan segera, sehingga hasil sudah dapat diketahui dihari tersebut.  Tanggal 12 Agustus 2021 dilakukan swab PCR sebanyak  123 orang, tanggal 14 Agustus 2021 sebanyak 111 orang dan tanggal 15 Agustus 2021 sebanyak 156 orang.

Dr. Rahman Hadi, M.Si, Sekretaris Jenderal DPD RI mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari Kementerian Kesehatan, khususnya Badan Litbang Kesehatan. Pada kesempatan tersebut beliau juga mengapresiasi tim Badan Litbangkes yang bertugas dinilai profesional dan disiplin. Secara umum pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Hasil pemeriksaan sudah diketahui 8 jam setelah pemeriksaan dan disampaikan ke Sekjen DPD RI dihari itu juga melalui surat resmi yang dikeluarkan oleh Kepala Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan. Peserta swab juga sudah dapat mengetahui hasil pemeriksaan masing-masing  melalui aplikasi pedulilindungi yang sudah terintegrasi dengan Laboratorium Puslitbang Biomedis dan teknologi Dasar Kesehatan.(em)