Badan Litbang Kesehatan Lakukan Evaluasi Implementasi PIS-PK pada 5 Provinsi

262

Jakarta – Kementerian Kesehatan melakukan evaluasi implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang telah berjalan tiga tahun terakhir kepada Dinas Kesehatan Provinsi sesuai binaan wilayah secara online. Badan Litbang Kesehatan melakukan evaluasi melalui webinar kepada lima provinsi sebagai binaan wilayahnya yaitu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Selatan dan Gorontalo di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan (26/07).

Kepala Badan Litbang Kesehatan, Siswanto memberikan apresiasi kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas capaian implementasi PIS-PK tertinggi diantara wilayah binaan lainnya sebesar 42,48%.

Lebih lanjut Siswanto menekankan bahwa PIS-PK adalah alat manajemen di tingkat puskesmas untuk melakukan intervensi di tingkat keluarga dan intervensi yang berbasis data. “Untuk percepatan perlu dilakukan percepatan strategi peningkatan jumlah puskesmas, termasuk jumlah staf yang dilatih. Perlu dilakukan inovasi dengan pendekatan manajemen sehingga pendataan sekaligus intervensi bisa dicapai”, tuturnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Health Policy Unit (HPU) Kementerian Kesehatan, Trihono mengatakan bagi daerah yang cakupan kunjungan keluarga telah mencapai lebih dari 30% untuk fokus pada intervensi. Trihono mengemukakan empat indikator yang paling berpengaruh dan berlaku pada seluruh keluarga diantara 12 indikator lainnya, yaitu keluarga memiliki akses/menggunakan sarana air bersih, keluarga memiliki akses/menggunakan jamban, keluarga sudah menjadi anggota JKN, dan anggota keluarga tidak ada yang merokok. (Dian)