ASN Loka Litbangkes Pangandaran Mulai divaksinasi Covid-19 Hari Ini

113

Senin 8 Maret 2021 Loka Litbangkes Pangandaran bersama Palang Merah Indonesia, Bank Mandiri dan Kecamatan Pangandaran dijadwalkan untuk mengikuti Kegiatan Vaksinasi Covid-19. Kegiatan ini merupakan tahap II dosis ke-1 vaksinasi Covid-19 bagi pelayan publik di Kabupaten Pangandaran. Kegiatan vaksinasi Covidp19 dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Pangandaran.

Tim Puskesmas Kecamatan Pangandaran memberikan pengumuman dan pendataan terhadap instansi yang akan menjalani tahap vaksinasi. Sebelum menjalani vaksinasi Covid-19, peserta dihimbau untuk istirahat yang cukup dengan tidur minimal selama 6 jam, mengkonsumsi vitamin, makanan bergizi dan air putih secukupnya.

Tahapan kegiatan vaksinasi dimulai dengan pendaftaran ulang dan screening pertanyaan dari tim vaksinasi Covid-19. Setiap peserta dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan selama tahapan kegiatan vaksinasi Covid-19. Selanjutnya peserta memasuki ruang vaksinasi sesuai dengan antrian dan panduan dari petugas tim vaksinasi Covid-19. Setelah mendapatkan vaksin Covid-19 setiap termin peserta berjumlah 10 orang menunggu selama 30 menit untuk pengamatan pasca vaksinasi atau dikenal dengan istilah KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi). Selama menunggu waktu pengamatan KIPI, petugas memberikan penyuluhan mengenai vaksinasi Covid-19 secara interaktif berdiskusi tanya jawab dengan peserta. Petugas juga mengingatkan peserta untuk kembali mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 dengan rentang waktu pelaksanaan selama 2 minggu setelah dosis pertama.

Vaksinasi merupakan salah satu upaya penaggulangan pandemi Covid-19 bagi seluruh warga negara yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Vaksinasi Covid-19 diharapkan meningkatkan imunitas tubuh terhadap paparan virus Covid-19. Setelah menjalankan vaksinasi masyarakat tetap dihimbau untuk menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitas dengan menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan mengindari kerumunan. Ayo kita dukung dan berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi Covid-19, salam sehat! [DAC]