Alih Kelola Gedung Eks Ditjen P2P ke Badan Litbangkes

624

Jakarta – Bertempat di halaman gedung eks Direktorat Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Ditjen P2P) Jalan Percetakan Negara no. 29 Jakarta Pusat (24/08/2019), telah dilangsungkan acara serah terima gedung dari Ditjen P2P kepada Badan Litbangkes. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal P2P, Kepala Badan Litbangkes, Plh. Sekretaris Badan Litbangkes dan jajaran pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Kesehatan.  

Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek SpM (K) dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa Badan Litbangkes memiliki tugas yang sangat besar dalam mendukung program – program di Kementerian Kesehatan. Menurut Nila, peran Badan Litbangkes dalam melakukan penelitian, kajian dan analisa sangat diperlukan bagi para pemegang kebijakan ataupun pembuat keputusan di Unit Utama Kemenkes.

Nila juga mengingatkan adanya PP (Peraturan Pemerintah) no. 27 tahun 2014 tentang pengelolaan BMN (Barang Milik Negara) yang didasarkan pada asas fungsional, kepastian hukum, transparansi, keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai.

Sementara itu Kepala Badan Litbangkes, dr. Siswanto, MHP, DTM dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa Badan Litbangkes memang memerlukan tambahan ruang kerja untuk para pegawai. Hal tersebut tak terlepas dari kebijakan Badan Litbangkes yang telah memindahkan kantor unit eselon 2 ke Jakarta yang sebelumnya berada di Bogor dan Surabaya (Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan; dan dari Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan), sehingga dengan adanya alih kelola gedung eks Ditjen P2P diharapkan dapat mengoptimalkan kerja Badan Litbangkes Seperti diketahui sejak tahun 2018 lalu, Ditjen P2P secara bertahap telah pindah ke kantor pusat Kementerian Kesehatan yang berada di Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Tujuan pindahnya Ditjen P2P ke kantor pusat Kemenkes menurut Direktur Jenderal P2P, dr. Anung Sugihantono, M.Kes adalah untuk mempermudah koordinasi dengan Menteri Kesehatan, dan unit utama lainnya. Anung berharap agar Badan Litbangkes dapat memanfaatkan gedung eks Ditjen P2P sebaik mungkin dalam mendukung kinerjanya.(tw)