Akreditasi Harus Terlaksana Tahun Ini

405

Tawangmangu – Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia diharapkan dapat terakreditasi tahun ini. Demikian tekad Ahmad Saikhu selaku kepala Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu dalam pembukaan “Workshop Pengelolaan Jurnal Online” di gedung Pelatihan IPTEK TOOT Tawangmangu (14/2). Hal senada juga menjadi harapan dari editor-in-chief jurnal ini, Yuli Widiyastuti.

Untuk mencapai tujuan ini, Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional terutama pengelola jurnal berupaya untuk memaksimalkan semua usaha. Workshop kali ini diharapkan dapat memperdalam keterampilan para pengelola dalam mengelola jurnal berbasis Open Journal Systems (OJS) selain mempersiapkan Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia untuk menghadapi akreditasi tahun ini. Workshop yang diadakan kali ini mengundang beberapa narasumber yaitu Happy Chandraleka dari Sekretariat Badan Litbangkes, M. Furqon dari Pusbindiklat Peneliti LIPI dan Mujiyanto dari Jurnal Vektor Penyakit.

Happy Chandraleka dalam paparannya menjelaskan tentang kondisi terkini jurnal di Badan Litbangkes berikut evaluasi dan masukan atas Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia. M. Furqon memaparkan tentang regulasi di LIPI terkait akreditasi jurnal. Mujiyanto selaku pengelola Jurnal Vektor Penyakit menjelaskan tentang pengalaman proses akreditasi Jurnal Vektor Penyakit baik ke LIPI dan Kemenristekdikti.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan menuju akreditasi Jurnal TOI, tetapi Ahmad Saikhu optimis bahwa banyak potensi di Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional ini yang mendukung akreditasi Jurnal TOI. Harapan kita semoga ini terwujud. Amin. (Chand)