45 Tahun Kiprah Badan Litbangkes

489

Jakarta, Badan Litbangkes menyelenggarakan Acara Puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke 45 pada Jum’at, 18 Desember 2020. Kegiatan yang dilakukan secara tatap muka dan virtual ini dihadiri oleh para pejabat struktural, para peneliti dan pejabat fungsional lain di lingkungan Badan Litbangkes, Ketua Dharma Wanita Persatuan, serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Badan Litbangkes, Nana Mulyana mengatakan bahwa harus tetap semangat bekerja untuk Indonesia yang Lebih Maju dan bersiap menyongsong transformasi Badan Litbangkes menjadi Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. “Perubahan harus dijalani dengan ikhlas dan tetap memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wata’ala”, ujarnya.

Peringatan hari jadi Badan Litbangkes tahun ini dilakukan sebagai wujud syukur atas yang telah dillalui sepanjang tahun ini dalam upaya menangani pandemi Covid-19. Dalam upaya menangani pandemi Covid-19, Badan Litbangkes diamanahi sebagai laboratorium rujukan nasional pemeriksa Covid-19.

Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-45 Badan Litbangkes, yaitu Parade Riset, Peluncuran Buku, Pameran Foto, Parade Tenun Nusantara Satker Badan Litbangkes, Apel Virtual, dan Lomba Menulis Esai.

Ada 4 buku yang diluncurkan dalam acara puncak peringatan HUT Badan Litbangkes, yaitu :

  1. Covid-19 dalam Tulisan Prof. Tjandra
  2. Bunga Rampai : Kinerja Pembangunan Kesehatan di Indonesia (Masalah, Tantangan, dan Solusi)
  3. Pedoman Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian Bidang Kesehatan pada Era Pandemi Covid-19
  4. Dance of Mine II Kiprah Badan Litbangkes

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan dan hadiah bagi pemenang Lomba Menulis Esai. Lomba yang ditujukan bagi para pelajar SMA ini diikuti oleh 180 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Lomba ini telah memperoleh 3 pemenang yang mampu menuliskan esai dengan topik “Peran Kamu dalam Pencegahan Covid-19 di Sekitarmu”. Ada 3 juri penilai yaitu Zita Meirina, Editor Senior Kantor Berita ANTARA; M. Wendiyanto Saputro, Editor in Chief Kumparan BISNIS; dan Cahaya Indriaty, Kepala Bagian Umum, Dokumentasi, dan Jejaring, Badan Litbangkes.

Berikut adalah para pemenang lomba esai :

  1. Juara I Dien Mustika Ardini Adham dari SMA Negeri 01 Makasar

Judul esai : Pengelompokkan Provinsi sebagai Solusi atas Problematika dalam Alokasi Vaksin Guna Mendukung Indonesia Bebas Covid-19.

  1. Juara II Sholehah Reffa Marsuci dari SMA Negeri Badegan Ponorogo

Judul esai : Taktik dan Bidik (Taktik Ala Tik Tok Bikin Covid-19 Tak Berkutik) sebagai Wujud Peran Pemuda Cegah Covid-19 di Indonesia

  1. Juara III Frederixus Sabastian Januar dari SMA Negeri 62 Jakarta

Judul esai : Inovasi Layanan Virtual Konseling sebagai Upaya Promotif Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 di Lingkungan Masyarakat.